Tekankan Akhlak Perusahaan BUMN, Erick Thohir Contohkan Bentuk Sinergi bersama UMKM

- 1 Mei 2021, 11:41 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir.
Menteri BUMN Erick Thohir. /Tangkapan Layar Instagram.com/@Erickthohir

Mata Bandung - Dalam beberapa pekan terakhir menteri BUMN Erick Thohir, berkunjung ke berbagai pelosok daerah di Jawa Tengah dan Jawa Barat untuk melihat berbagai perusahaan BUMN bersinergi dengan berbagai lapisan di masuarakat, dalam bentuk produk dan inisiatif yang dilakukan perusahaan tersebut.

Erick mencontohkan, bentuk sinergi antara Pertashop Pertamina, BRI Link serta Bank Syariah Indonesia (BSI) yang berkomitmen meberikan dukungan produk jasa layanan perbankan dirancang akan mampu mengangkat perekonomian para pengusaha kecil di daerah dan juga kalangan pondok pesantren.

"Dalam satu hadist-nya, Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa mukmin yang satu dengan yang lainnya bagaikan sebuah bangunan yang saling memperkuat antara sebagian dengan sebagian yang lainnya," kata Erick.

Baca Juga: Dario Benedetto Selamatkan Marseille Dari Kekalahan

Karena itu, dalam konteks membangun masyarakat ekonomi syariah yang kuat dan memberi manfaat bagi banyak orang, Erick terus mendorong agar perusahaan BUMN juga memberi manfaat bagi masyarakat, dalam bentuk produk dan inisiatif yang dilakukan perusahaan tersebut.

Selaku Menteri BUMN juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah, Erick Thohir menekan akhlak perusahaan BUMN yang sempurna agar mampu memberi manfaat bagi masyarakat banyak, sekaligus membuat produk beragam inisiatif agar memberikan berdampak terjadinya hubungan antar masyarakat yang saling membantu.

"Yang terpenting, masyarakat merasakan langsung. Ada rasa syukur karena usaha sendiri yang didukung perusahaan BUMN mampu memberi manfaat, bukan hanya bagi mereka sendiri sebagai pemilik, tapi bagi masyarakat sekitar, membuka lapangan kerja dan masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke pom bensin, atau ke ATM dan bank," tambah Erick.

Dalam kolaborasi yang melibatkan ragam latar belakang masyarakat di daerah, desa dan pondok pesantren itu, Pertashop-SPBU mini resmi Pertamina dipilih menjadi alternatif usaha.

Baca Juga: Mencegah Klaster Baru, 4 Termometer Suhu Jenis Baru Dipasang di Mesjid Depok.

Terdapat pula Bank Syariah Indonesia (BSI) yang berkomitmen memberikan dukungan produk dan jasa layanan perbankan bagi UMKM di lingkungan/ekosistem pesantren, mulai dari agen Laku Pandai, modal kerja untuk usaha, termasuk jika ingin membuka Pertashop.

Halaman:

Editor: Ilhamdi T

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x