Eropa Bergetar! Norwegia, Irlandia, dan Spanyol Resmi Akui Negara Palestina

- 29 Mei 2024, 13:05 WIB
Turki dan Venezuela Menyerukan Tindakan Internasional untuk Hentikan Genosida Israel di Palestina
Turki dan Venezuela Menyerukan Tindakan Internasional untuk Hentikan Genosida Israel di Palestina /Dok. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/am./

MATA BANDUNG - Norwegia, Irlandia, dan Spanyol secara resmi mengakui Palestina sebagai sebuah negara, sebuah langkah diplomatik yang dianggap sebagai tonggak sejarah dalam hubungan internasional ketiga negara tersebut dengan Palestina, pada Selasa 28 Mei 2024.

Pengakuan dari Norwegia diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Espen Eide dalam sebuah pernyataan resmi. "Hari ini, ketika Norwegia secara resmi mengakui Palestina sebagai sebuah negara, merupakan tonggak sejarah dalam hubungan antara Norwegia dan Palestina," ujar Eide. Ia menambahkan, "Selama lebih dari 30 tahun, Norwegia telah menjadi salah satu pendukung terkuat negara Palestina."

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Irlandia Micheal Martin menyampaikan pengumuman serupa melalui platform X.

“Keputusan Pemerintah hari ini mengesahkan pembentukan hubungan diplomatik penuh dengan Negara Palestina,” tulis Martin.

Baca Juga: Tegas! 500 Intelektual dan Tokoh Budaya Perancis Desak Presiden Emmanuel Macron Akui Negara Palestina

Ilustrasi gerakan solidaritas untuk Palestina.
Ilustrasi gerakan solidaritas untuk Palestina.

Ia menekankan bahwa pengakuan ini bukanlah akhir dari sebuah proses, melainkan permulaan. Martin juga menyoroti program kerja sama pembangunan yang telah lama ada antara Irlandia dan Palestina.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez juga mengumumkan perkembangan tersebut, menandai keputusan ini sebagai langkah bersejarah yang bertujuan untuk berkontribusi dalam mencapai perdamaian antara Israel dan Palestina.

"Kami mengakui Palestina karena ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Kami tidak bisa menunggu lebih lama lagi," kata Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares, mengomentari keputusan pemerintah tersebut.

Halaman:

Editor: Mia Nurmiarani

Sumber: Anadolu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah