Simak di Sini Perbedaan BWF Super Series 500, 750 dan 1000 Biar Tidak Gagal Paham

- 29 Mei 2024, 18:00 WIB
Empat pebulutangkis Indonesia yang sudah masuk ranking elit dunia  yang malang-melintang di BWF Series
Empat pebulutangkis Indonesia yang sudah masuk ranking elit dunia yang malang-melintang di BWF Series /Instagram.com/@badminton.ina

MATA BANDUNG - Belakangan kejuaraan bulu tangkis dunia sedang antri di beberapa negara. Setelah pekan lalu ada Malaysia Masters Super Series 500, pekan ini sedang berlangsung Singapore Open Super Series 750. Pekan depan giliran Indonesia Open yang berlevel Series 1000. Apa bedanya dari ketiga series itu?

Sebelum mengetahui perbedaan antar series itu, ada baiknya Anda mengetahui kejuaraan apa saja yang berlaku di bawah naungan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Yang jelas ada tiga kategori kejuaraan bulu tangkis dunia.

 

Kategori pertama, laga yang masuk ke dalam tingkat satu atau yang disebut BWF Major Events. Di laga ini ada enam yang masuk dalam tingkat ini, yaitu Kejuaraan Dunia BWF, Piala Sudirman, Suhandinata Cup (Kejuaraan Dunia Beregu Junior), Eye Level Cup (Kejuaraan Dunia Individu Junior), hingga Piala Thomas & Uber.

Baca Juga: Mengejutkan! Jojo Rontok di Babak Awal, Ganda Campuran Dejan dan Gloria Menang Mudah di Singapore Open 2024

Tiga kategori

Gregoria Mariska Tunjung
Gregoria Mariska Tunjung

Menurut kebijakan BWF, laga yang masuk ke dalam BWF Major Events tidak berhadiah uang tunai. Kebijakan ini sudah diterapkan sejak Kejuaraan Dunia pertama digelar pada 1977. Namun, para pemain yang menjadi juara di level ini akan memiliki kebanggaan terbesar dan membuat ranking di BWF melesat jauh.

Di level berikutnya ada laga tingkat kedua yaitu BWF World Tour. Untuk laga ini, terbagi ke dalam enam level dan semuanya mendapat hadiah uang tunai.

Level pertama ada BWF World Tour Finals dengan total hadiah uang tunai mencapai USD 1,5 juta. Di level kedua (Super 1000) dan tiga (Super 750) yang mengantongi masing-masing hadiah USD 1 juta dan USD 700 ribu.

Halaman:

Editor: Arief TE

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah