Lima Tips Sehat agar Terhindar dari Bahaya Kesehatan saat Bekerja di Depan Komputer

- 10 Oktober 2022, 13:00 WIB
Ini Lima Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer agar tak Mengidap Penyakit Serius
Ini Lima Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer agar tak Mengidap Penyakit Serius /pexels.com



MATA BANDUNG - Bekerja di depan komputer menjadi sebuah kebiasaan masyarakat zaman sekarang, dari mulai pelajar hingga pekerja kantoran.

Terlebih, komputer dengan berbagai jenis dan fungsinya menjadi salah satu perangkat wajib yang dioperasikan untuk menunjang berbagai pekerjaan sekolah dan kantor.

Penting bagi kita semua untuk mengetahui berbagai cara yang harus dilakukan ketika menggunakan komputer, khususnya bagi mereka yang setiap hari menggunakannya.

Hal tersebut demi menghidari berbagai penyakit yang bisa diakibatkan oleh waktu penggunaan yang lama pada layar komputer atau posisi duduk yang tidak sesuai.

Baca Juga: 5 Trek Bersepeda Gunung Terbaik di Indonesia, Ada yang di Bandung

Berbagai penyakit yang bisa diakibatkan oleh terlalu lama menatap atau bekerja di depan komputer seperti mata lelah, stres hingga badan bungkuk.

Hal tersebut merupakan beberapa akibat nyata dari kurang sehatnya kita dalam berkegiatan saat menggunakan komputer, termasuk ketika bekera.

Untuk itu, berikut ini adalah lima tips sehat yang bisa Anda lakukan saat menggunakan komputer yang perlu diketahui, diantaranya adalah:

1. Berkedip secara berkala. Karena dengan demikian, mata akan kembali licin dan terhindar dari iritasi.

Baca Juga: Cara Mencegah Kekurangan Hormon Tiroid pada Bayi Baru Lahir, Kenali Bahayanya Juga

2. Memposisikan layar sejauh 40 – 75 cm dari mata

3. Memastikan pencahayaan yang baik pada ruangan tempat kita beraktivitas menggunakan komputer

4. Menaruh berbagai macam hal yang diperlukan pada tempat yang strategis, sehingga meminimalisir gerakan kepala yang terlalu sering.

5. Memposisikan tempat duduk senyaman mungkin dan beristirahat secara teratur, yaitu setiap 20 menit sekali.

Dengan mengetahui tips sehat menggunakan komputer diatas, Anda dapat meminimalisir berbagai potensi penyakit yang diakibatkan oleh penggunaan komputer yang berlebihan dan posisi duduk yang tidak baik.

Baca Juga: Cara Mencegah Kekurangan Hormon Tiroid pada Bayi Baru Lahir, Kenali Bahayanya Juga

Tetap terapkan perilaku hidup sehat dengan asupan makan makanan yang bergizi, serta rutin melakukan peregangan atau aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, agar tubuh tetap sehat dan bugar untuk menjalani aktivitas harian.***

Editor: Havid Gurbada


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah