Liga Premier Inggris Umumkan Penerapan Teknologi Semi Otomatis Offside - SAOT Pada Musim 2024-2025

- 12 April 2024, 20:30 WIB
Moh. Salah selamatkan The Reds
Moh. Salah selamatkan The Reds /reuters

MATA BANDUNG - Setelah Liga Itali menerapkan Teknologi Semi Otomatis Offside (SAOT), kini Liga Premier Inggris (Premier League) mengumumkan akan menerapkan SAOT di musim 2024/25. Kabarnya, Liga Spanyol pun akan melakukan hal yang sama dengan Premiere League.

"Pada rapat pemegang saham Liga Premier Inggris hari ini, klub-klub dengan suara bulat setuju untuk menyetujui penerapan Teknologi Offside Semi-Otomatis," tulis Liga Premier Inggris dalam pernyataan resmi mereka yang dikutip eurosport pada Kamis.

Lebih lanjut, pihak liga mengatakan bahwa sistem baru ini siap digunakan pada musim depan atau tepatnya setelah jeda internasional musim gugur.

Baca Juga: Hasil Big Match MU vs LIverpool 2 - 2, Moh. Salah Selamatkan Wajah Jurgen Klopp dari Kekalahan Kali Kedua 

Tangkapan layar monitor penerapan SAOT di pertandingan sepakbola.
Tangkapan layar monitor penerapan SAOT di pertandingan sepakbola.
"Teknologi ini akan memberikan penempatan garis offside virtual yang lebih cepat dan konsisten, berdasarkan pelacakan optik pemain, dan akan menghasilkan grafik siaran berkualitas tinggi untuk memastikan peningkatan pengalaman di dalam stadion dan siaran bagi para pendukung," jelas liga Inggris.

Sistem SAOT nantinya akan menggunakan 12 kamera khusus yang dipasang di titik strategis untuk melihat lebih jelas posisi pemain serta bola di lapangan. Alhasil bagian tubuh yang dianggap offside dapat terlihat dengan kamera khusus ini.

Ketika momen yang dianggap sebagai offside terjadi, teknologi SAOT bakal membantu menyajikan sudut gambar yang lebih presisi untuk ditunjukkan melalui gambar tiga dimensi.

Baca Juga: Bertandang ke Kubu Arsenal, Liverpool Telan Kekalahan dengan Skor 1 - 3 dalam Pekan ke-23 Liga Inggris

Gambar tiga dimensi itu akan ditampilkan di layar lebar tribune stadion dan tayangan televisi. Sehingga penonton bisa ikut memerhatikan proses pengambilan keputusan oleh wasit.

Diperkirakan rata-rata 30 detik per keputusan dapat dihemat melalui penggunaan SAOT.

Halaman:

Editor: Arief TE

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah