Keren Banget! 7 Ton Kopi Arabika Diekspor Petani Kopi Wanoja Jabar ke Arab Saudi

- 22 Februari 2024, 23:24 WIB
 Keren banget! 7 Ton Kopi Arabika Diekspor Petani Kopi Wanoja Jabar ke Arab Saudi
Keren banget! 7 Ton Kopi Arabika Diekspor Petani Kopi Wanoja Jabar ke Arab Saudi /Dok Pemprov Jabar/

MATA BANDUNG - Kelompok Tani Kopi Wanoja Jawa Barat mengekspor kopi secara langsung ke Arab Saudi pada Kamis, 22 Februari 2024. Kelompok Tani Wanoja Jabar menjual 7 ton biji kopi Arabika senilai 72.705 dolar AS, atau sekitar Rp1,4 miliar.

Perwakilan dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabar, Plh. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar, Pimpinan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kanwil Jabar, Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) Kanwil Jabar, dan OPD dari Provinsi Jabar dan Kabupaten Bandung menghadiri pelepasan ekspor di Megarama Taka Hydrocore Gedebage, Kota Bandung.

Ini adalah pencapaian penting bagi Kopi Wanoja Jabar, yang berhasil melakukan ekspor secara mandiri untuk pertama kalinya, menjadikan Kelompok Tani Wanoja sebagai penyedia utama ekspor kopi Jabar.

Menurut Ucup Yusuf, Kepala Bidang Usaha Kecil Dinas KUK Jabar, ekspor kopi Wanoja ke Arab Saudi menunjukkan bahwa kualitas kopi Jawa Barat semakin diakui secara global.

Baca Juga: Antisipasi Resesi Jepang, Pemerintah Indonesia Berusaha Perluas Pasar Ekspor

Salah satu produsen kopi terbesar di Indonesia, Jabar, berkontribusi pada pertumbuhan ekspor kopi global, yang pada tahun 2022 menempati peringkat ke-13 di seluruh dunia dengan porsi penjualan 2,5 persen dari total ekspor kopi global.

Pemdaprov Jabar telah bekerja sama dengan Bank Indonesia dan stakeholder lainnya untuk mencapai pencapaian ini, yang telah memberikan komitmen terbaiknya untuk mendorong sektor riil klaster kopi.


"Tentunya sinergi dan kolaborasi ini akan terus semakin diperkuat dalam rangka mendorong baik komoditas kopi maupun komoditas lainnya untuk diekspor guna meningkatkan kesejahteraan petani serta mendukung pertumbuhan ekonomi Jabar yang berkelanjutan," kata Ucup Yusuf.

Plh. Bambang Pramono, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar, mengapresiasi upaya Kelompok Tani Wanoja untuk melakukan ekspor secara mandiri.

Halaman:

Editor: Mia Nurmiarani

Sumber: Pemprov Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x