Pemesanan Wisata Online Melonjak Tajam Saham Trip.com Dulang Laba Tinggi

- 23 Februari 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi pemesanan melalui platform online semakin digemari.
Ilustrasi pemesanan melalui platform online semakin digemari. /pixabay.com

MATA BANDUNG - Pendapatan platform perjalanan online terbesar di Tiongkok Trip.com meningkat dua kali lipat menjadi 10,3 miliar yuan (US$1,8 miliar) pada kuartal terakhir 2023 karena permintaan mendekati tingkat sebelum Covid pada tahun 2019. Saham Trip.com yang terdaftar di Hong Kong pun melonjak 7,2 persen ke level tertinggi. 

Trip.com Group melaporkan peningkatan kinerja keuangan yang signifikan pada kuartal keempat didukung oleh melonjaknya permintaan perjalanan yang mendekati tingkat sebelum pandemi, sehingga mendorong harga sahamnya naik ke level tertinggi.

Pendapatan selama tiga bulan hingga Desember 2023 melonjak 105 persen menjadi 10,3 miliar yuan (US$1,8 miliar) dari tahun sebelumnya, kata perusahaan itu dalam laporan bursa pada hari Kamis (22/2). Untuk setahun penuh 2023, pendapatan melonjak 122 persen menjadi 44,5 miliar yuan.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Jabar Tumbuh 5 Persen pada tahun 2023, Peringkat Kedua Tertinggi di Pulau Jawa

“Pembukaan kembali Tiongkok pada kuartal pertama tahun 2023 mendorong sektor perjalanan untuk tumbuh kembali,. Bisnis global kami juga mengalami pertumbuhan substansial yang didorong oleh perluasan kehadiran pasar ” kata James Liang, ketua eksekutif grup tersebut, dalam sebuah pernyataan dikutip South China Morning Post.

Saham Trip.com melonjak 7,2 persen ke rekor HK$355,20 setelah pendapatan kuartal keempatnya melebihi ekspektasi para analis. Saham yang terdaftar di AS diindikasikan naik 6,8 persen menjadi US$44,76 sebelum diperdagangkan di New York

Trip.com melaporkan pendapatan yang signifikan dari tiga segmen utamanya, yakni pemesanan hotel, tiket, dan paket tur.

Baca Juga: PT KAI Luncurkan Joy Ride KA Panoramic, Suguhkan Pemandangan Memukau Selama Perjalanan

Pendapatan dari pemesanan hotel menyumbang 38 persen dari keseluruhan penjualan, melonjak 131 persen pada kuartal keempat menjadi 3,9 miliar yuan. Penjualan tiket, yang mencakup 40 persen, naik 86 persen pada kuartal tersebut menjadi 4,1 miliar yuan. Pendapatan dari paket tur melonjak 329 persen menjadi 708 juta yuan.

“Kami melihat hasil kuartal keempat solid, dengan pendapatan yang sejalan dan margin yang cenderung melebihi ekspektasi investor,” kata analis Citigroup dalam sebuah catatan.

Halaman:

Editor: Arief TE

Sumber: South China Morning Post


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x