Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah Berkurang Menurut Survei Barometer

- 1 Mei 2021, 11:58 WIB
Presiden Jokowi pada Rabu 28 April 2021, melantik Nadiem Makarim sebagai Mendikbud-Ristek dan Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi
Presiden Jokowi pada Rabu 28 April 2021, melantik Nadiem Makarim sebagai Mendikbud-Ristek dan Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi /BPMI Setpres.

Survei Edelman Trust Barometer 2021 mengungkap tingginya ekspektasi masyarakat kepada institusi bisnis untuk memimpin pemulihan pandemi Covid - 19, dilihat dari data yang menunjukkan penurunan kepercayaan terhadap pemimpin pemerintahan (65 persen) dan jurnalis (67 persen), masyarakat Indonesia lebih mempercayai sumber lokal yang lebih dikenal seperti pemimpin agama (83 persen) dan CEO perusahaan (85 persen).

Hasil dan temuan di Indonesia dari Edelman Trust Barometer 2021 diluncurkan secara virtual pada 29 April 2021 bersama American Chamber of Commerce dan European Business Chamber of Commerce.

Temuan ini konsisten dengan tren global di mana bisnis mengungguli pemerintah di 18 dari 27 negara yang diteliti oleh Barometer.

Director Corporate & Public Affairs Edelman Indonesia Maria Tobing dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, menyatakan secara keseluruhan Indonesia masih memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap institusi bisnis, pemerintah, media, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM), dibandingkan dengan banyak negara lain di dunia.

"Meski tingkat kepercayaan untuk seluruh institusi tetap tinggi, institusi bisnis memimpin sebagai peringkat pertama (78 persen), 8 poin lebih tinggi dibanding pemerintah," katanya.

Baca Juga: Tekankan Akhlak Perusahaan BUMN, Erick Thohir Contohkan Bentuk Sinergi bersama UMKM

Maria Tobing menyatakan kemampuan untuk menangani pandemi COVID-19 bergantung pada banyak faktor, di antara yang terpenting adalah kepercayaan publik.

"Bangsa Indonesia perlu percaya bahwa institusi pemerintah, bisnis, media, dan LSM di Indonesia mendahulukan kepentingan masyarakat," katanya.

Sebagai institusi dan pemimpin yang paling dipercayai, CEO perusahaan diharapkan untuk terus memainkan peran besar dalam mengambil langkah-langkah ke depan.

Halaman:

Editor: Ilhamdi T


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x