Nilai Kurs Rupiah Naik Tipis terhadap Dolar AS, Rp15.553 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.570 per dolar AS.

- 11 Januari 2024, 14:20 WIB
Ilustrasi - Petugas menunjukkan uang dolar AS dan uang rupiah di salah satu kantor bank BUMN.
Ilustrasi - Petugas menunjukkan uang dolar AS dan uang rupiah di salah satu kantor bank BUMN. /ANTARA FOTO/Reno Esnir/tom/pri.

MATA BANDUNG - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi naik 17 poin atau 0,11 persen menjadi Rp15.553 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.570 per dolar AS. Menurut seorang analis bank, pergerakan nilai tukar (kurs) rupiah pada sesi awal perdagangan ini diperkirakan cenderung datar menjelang rilis data inflasi Indeks Harga Konsumen Amerika Serikat (AS).

"Rupiah diperkirakan akan dibuka datar, investor cenderung wait and see menantikan data inflasi AS malam ini," kata analis mata uang Lukman Leong kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.

Ia memproyeksikan rupiah pada perdagangan hari ini bergerak di rentang Rp15.450 per dolar AS sampai dengan Rp15.550 per dolar AS.

Baca Juga: Rontok 20 Poin, Kurs Rupiah terhadap Dolar AS Rabu Pagi Rp 15.540 Akibat Sikap The Fed Masih Belum Jelas

Menurut Lukman, inflasi AS secara bulanan (month on month/mom) diperkirakan akan naik 0,2 persen dan secara tahunan (year on year/yoy) naik dari 3,1 persen menjadi 3,2 persen.

"Data inflasi ini sangat diantisipasi investor menyusul data tenaga kerja yang kuat minggu lalu," ujarnya.

Data inflasi tersebut akan menjadi perhatian utama dalam melihat arah kebijakan suku bunga acuan bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) ke depan.***

 

Editor: Arief TE

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x