Kurs Rupiah terhadap Dolar AS pada Akhir Perdagangan Selasa Ditutup stabil di Rp15.637 per Dolar AS

- 23 Januari 2024, 17:15 WIB
Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Stabil di Level Rp15.637 Hari Ini
Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Stabil di Level Rp15.637 Hari Ini /

MATA BANDUNG - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS pada akhir perdagangan Selasa ditutup stabil di posisi Rp15.637 per dolar AS sama dengan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya. Meski pada Selasa pagi dibuka lesu karena berkurangnya ekspektasi pasar terhadap pemotongan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS) atau Fed Funds Rate (FFR).

"Dolar AS terlihat masih menguat terhadap nilai tukar lainnya karena efek dari sikap petinggi bank sentral Amerika Serikat (AS) yang mengindikasikan tidak akan terburu-buru untuk memangkas suku bunga acuan AS," kata pengamat pasar uang Ariston Tjendra seperti dikutip Antara di Jakarta, Selasa.

Pelaku pasar melihat peluang pemotongan suku bunga AS pada Maret 2024 oleh bank sentral AS atau The Fed menurun hingga di bawah 50 persen.

Baca Juga: Mahfud Sebut Kunci Pertumbuhan Ekonomi RI adalah Pemberantasan Korupsi, TPN : 677 Triliun Telah Ditangani MMD

Selain itu, pelaku pasar menunggu data ekonomi penting AS yang akan dirilis pada Kamis dan Jumat pekan ini, yaitu data produk domestik bruto (PDB) kuartal IV-2023 dan Indeks Harga Belanja Personal (PCE) inti untuk mengonfirmasi sikap petinggi bank sentral AS mengenai pemangkasan suku bunga.

Di sisi lain, konflik geopolitik yang masih memanas di Timur Tengah, masih bisa memicu pelaku pasar pasar bertahan di aset dolar AS sebagai aset aman.

Sementara sentimen dari dalam negeri, data perdagangan Indonesia mengalami surplus, namun permintaan domestik masih lemah dengan ekspor dan impor yang masih turun.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), surplus neraca perdagangan Indonesia berlanjut pada Desember 2023 sebesar 3,31 miliar dolar AS, lebih tinggi dibandingkan dengan surplus pada November 2023 sebesar 2,41 miliar dolar AS. 

Dengan perkembangan tersebut, neraca perdagangan Indonesia pada Januari-Desember 2023 mencatat surplus 36,93 miliar dolar AS, melanjutkan capaian surplus pada periode yang sama tahun 2022 sebesar 54,46 miliar dolar AS.***

 

Editor: Arief TE

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x