Jawa Barat Toreh Prestasi Luar Biasa! Penurunan Prevalensi Stunting Melebihi Nasional di Tahun 2021–2022

- 29 Februari 2024, 22:46 WIB
Wow Luar Biasa! Penurunan Tingkat Stunting di Jabar Melebihi Nasional pada Tahun 2021–2022
Wow Luar Biasa! Penurunan Tingkat Stunting di Jabar Melebihi Nasional pada Tahun 2021–2022 /Dok. pemprov jabar/


MATA BANDUNG - Wow luar biasa! Jawa Barat torehkan prestasi penurunan prevalensi stunting di Jawa Barat melebihi Nasional pada tahun 2021–2022. Angka penurunan stunting di Jawa Barat pada tahun 2021–2022 lebih besar daripada penurunan stunting secara nasional pada periode yang sama. Angka penurunan stunting di Jawa Barat mencapai lebih dari 4%, sedangkan penurunan nasional mencapai lebih dari 2%.

Menurut Dodo Suhendar, Plh. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jabar, semua pihak yang terlibat di Jabar berkontribusi pada pencapaian ini, dan akan dilanjutkan dan ditingkatkan ke depannya.

"Pada periode tersebut sebelumnya angka stunting di Jabar 24 persen lebih, dan berhasil diturunkan 4 persen lebih menjadi 20 persen," kata Dodo, dalam acara Rakerda Program Bangga Kencana Provinsi Jabar Tahun 2024 di Bandung, Kamis (29/2/2024).

Baca Juga: Kejar Bonus Demografi untuk Wujudkan Indonesia Emas 2045, Pemprov Jabar Gelar Program Rembug Stunting Jabar

Dodo menyatakan bahwa Pemda Provinsi Jabar terus melakukan upaya dan inovasi untuk mengurangi prevalensi stunting, dan kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai pihak akan terus diperkuat.

"Tentunya dengan keterbatasan anggaran yang ada, kita berinovasi terus di antaranya kerja sama dengan BAZNAS untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat kurang mampu. Demikian juga dengan perguruan tinggi yang ada di Jabar," kata Dodo.

Sukaryo Teguh Santoso, Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi BKKBN Pusat, mengapresiasi kinerja semua pihak di Jabar yang berhasil menurunkan prevalensi stunting melebihi angka nasional.

Baca Juga: Patut Ditiru! Pemprov Jabar Kelola Mandiri 1,4 Ton Sampah Setiap Harinya di Area Gedung Sate

"Tentu tidak berhenti di sini, tetapi harus berlanjut terus kerja, kita menurunkan angka stunting hingga 14 persen. Bahkan target di Jabar sendiri sampai ke angka 13 persen," ucap Teguh.

Halaman:

Editor: Mia Nurmiarani

Sumber: jabar.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x