Jarang Diketahui, Ini Lima Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

- 10 Oktober 2022, 14:00 WIB
Kaum Mager Wajib Tahu, Ini Lima Manfaat Berjalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh
Kaum Mager Wajib Tahu, Ini Lima Manfaat Berjalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh /Pixabay



MATA BANDUNG - Jalan kaki merupakan hal yang selalu dilakukan oleh semua orang ketika menjalani hari, khususnya ketika pergi ke luar rumah.

Namun dengan kemajuan teknologi, kini jalan kaki mulai beralih menjadi kebiasaan menggunakan kendaraan yang memanjakan semua orang.

Namun di balik itu semua, jalan kaki yang notabene memerlukan usaha lebih dibanding menggunakan kendaraan yang sangat instan menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.

Jalan kaki merupakan bentuk aktivitas fisik ringan yang sangat mudah dilakukan, dimana tubuh akan mengeluarkan kalori sebanyak 5.60 Kcal – 7.00Kcal/menit dan 168 Kcal – 210 Kcal/30 menit.

Baca Juga: Ini Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia yang Dimulai Sejak Tahuin 1982

Selain mengurangi kalori dalam tubuh, terdapat banyak manfaat bagi kesehatan lainnya dari jalan kaki, berikut ini lima manfaat jalan kaki yang bak untuk kesehatan.

1. Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol buruk (LDL)

2. Menurunkan tekanan darah

3. Mengurangi risiko beberapa kanker

4. Mengurangi resiko serangan jantung

5. Membantu mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2

Baca Juga: Cara Mudah Mengecek Bayi yang Baru Lahir Tuli atau Tidak, Jangan Sampai Salah

Dengan mengetahui beberapa manfaat berjalan berjalan kaki, kita semakin sadar akan pentingnya melakukan aktivitas fisik ringan setiap harinya dan mau untuk memulai menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kesehariannya.

Sebagaimana tuhan telah menganugerahkan kaki untuk dapat berjalan, maka sudah sepantasnya kita mengunakannya untuk mendapatkan manfaat yang baik bagi diri sendiri.***

Editor: Havid Gurbada


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah